Family & Parenting

Sharing Session Gigi Anak

Rabu, 9 November 2017

Kulwap by : drg. Anindya Laksmi Dewi (Dokter gigi di Klinik Dentes Jogja)

Materi

Kapan gigi anak mulai tumbuh?

Gigi anak sudah terbentuk sejak di dalam kandungan, maka sebaiknya dari masa kehamilan memang harus konsumsi makanan yang bergizi baik, sehingga pembentukan tulang dan gigi berlangsung secara optimal. Gigi susu akan muncul per tahap sesuai dengan diagram gigi (lihat diagram gigi). Erupt atau erupsi adalah waktu gigi itu muncul dan shed atau tanggal adalah waktu kapan gigi itu tanggal dan digantikan oleh gigi permanennya. Diagram tersebut merupakan perkiraan rata-rata waktu erupsi dan tanggal gigi, jadi belum tentu tepat dengan anak kita. Kebiasaan mengigit-gigit benda pada fase oral merupakan gerakan untuk merangsang pertumbuhan gigi.

Diagram Pertumbuhan Gigi Anak
Diagram Pertumbuhan Gigi Anak

 

Apa yang ibu harus lakukan jika gigi anak sudah mau muncul?

Pada saat gigi akan tumbuh biasanya anak menjadi rewel, tidak nyaman, dan kadang demam. Tetapi keadaan ini akan berangsur-angsur hilang. Demam pada bayi saat gigi tumbuh tidak selalu muncul pada setiap bayi, hal ini tergantung pada ketahanan tubuh masing-masing bayi. Demam akan tumbuh gigi tidak disertai dengan gejala lain seperti batuk atau pilek. Demam pada tumbuh gigi akan berangsur membaik, jika sangat menganggu boleh diberi obat penurun panas. Apabila tak kunjung reda bisa dibawa ke dokter. Ada beberapa ciri-ciri gigi anak akan muncul, yaitu menggigit barang-barang yang dia temui, ada area gusi yang bengkak, air liur bertambah, dan kadang menolak minum asi (baik secara langsung atau dengan botol), dan kehilangan nafsu makan. Ibu tidak perlu khawatir karena proses keluarnya gigi adalah proses normal yang ada di tubuh kita, yang perlu kita lakukan agar si kecil menjadi lebih nyaman adalah membersihkan area mulut dengan kasa steril (dibasahi air matang ), memberi teether ] dingin (teether yang kita punya dimasukkan ke dalam kulkas, dengan bungkus plastik), jika sudah masa mpasi bisa memberikan jus buah yang kita bekukan, tetap menjaga asupan nutrisinya dengan memberi makan yang lunak.

Bagaimana cara menjaga gigi anak?

Cara menjaga gigi untuk anak :

  1. Biasakan untuk tidak meminum susu sebelum tidur hingga ketiduran (ini juga sedang saya coba terus 😁) karena penyebab gigi berlubang pada anak sebagian besar karena minum susu botol hingga ketiduran. Sisa susu akan menempel dan membentuk plak.
  2. Biasakan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Untuk bayi bisa menggunakan sikat gigi bayi.
  3. Biasakan untuk minum air putih setelah makan. Air putih dapat membilas sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut.
  4. Perbanyak konsumsi buah untuk snack. Buah seperti pear, apel, dan pepaya dapat digunakan untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi. Memberikan buah untuk snack atau makanan selingan tentu membantu pencegahan pembentukan plak yang berlebih.

Bagaimana cara sikat gigi yang benar?

Sikat seluruh permukaan gigi dengan gerakan memutar seluruh permukaan terkena sikat, selama 2 menit, dengan pasta gigi ber-fluoride. Untuk anak pastikan menggunakan sikat gigi anak dan pasta gigi untuk anak.

2_Cara Sikat Gigi yang Benar
Cara Sikat Gigi yang Benar

Ibu-ibu inget2 aja bendera Indonesia kan Merah Putih, nah cara menyikat gigi juga dari Merah yaitu gusi ke Putih yaitu gigi. Jadi sikat yang kita gunakan akan mendorong sisa makanan yang ada di sekitar gusi untuk turun. Untuk gigi bawah juga dari gusi ke gigi. Menyikat gigi yang paling penting adalah semua permukaan terkena bukan kerasnya, jika menyikat gigi dg kekuatan terlalu keras justru akan merusak email gigi (email adalah lapisan pertama pada gigi).

Kapan waktu yg tepat ke dokter gigi? Kenapa harus ke dokter gigi? Apakah ada dokter gigi khusus anak?

Waktu yang tepat untuk pergi ke dokter gigi adalah sebaiknya setelah gigi susu muncul. Pada usia 2,5 tahun anak sudah bisa diajak komunikasi dan dikenalkan dengan dokter gigi. Tidak harus menunggu ada masalah terlebih dahulu, karena lebih baik melakukan perawatan pencegahan daripada melakukan perawatan pada gigi yang sakit.

Dari pengalaman saya praktek ada beberapa tips membawa anak ke dokter gigi yaitu :

  1. Bawa anak sedini mungkin ke dokter gigi, ajaklah ketika ibu/bapak melakukan perawatan gigi.
  2. Infokan ke dokter gigi bahwa ini pengalaman pertamanya ke dokter gigi (biasanya dokter gigi akan menjelaskan pada si anak apa alat yang mereka gunakan dan memperlihatkan bahwa itu tidak semenakutkan yang dibayangkan).
  3. Bawa ketika mood anak bagus (sering saya menemukan anak dibawa ke dokter gigi ketika dia sedang mengantuk atau rewel ketika akan diperiksa, hal ini akan membuat perasaan si anak akan semakin tidak nyaman karena sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam keadaan normal pun anak pasti takut ke dokter gigi).
  4. Jangan pernah menakuti anak dengan membuat image dokter menjadi menakutkan, contoh : “ayo makan nanti kalau gak mau makan dibawa ke dokter lho”, “jangan makan permen terus nanti giginya dicabut dokter gigi lho”. Hal ini akan menyulitkan dokter ataupun dokter gigi untuk melakukan pendekatan terhadap pasien anak.

Kenapa harus ke dokter gigi?

Anak memiliki hak untuk mendapatkan perawatan gigi sebaik mungkin, karena gigi susu adalah panduan tumbuhnya gigi permanennya. Merawat gigi anak sejak dini jauh lebih murah daripada merawat ketika sudah rusak.

3_Gigi Susu merupakan panduan tumbuhnya gigi permanen
Gigi Susu merupakan Panduan Tumbuhnya Gigi Permanen

Apakah ada dokter gigi khusus anak?

Ada, dokter spesialis gigi anak di plang dokter biasanya tertulis drg. Baik Hati, Sp. KGA. Dokter gigi umum sebenarnya cukup memiliki kompetensi untuk merawat kasus gigi anak, akan tetapi jika saya (dokter gigi umum) memiliki kesulitan maka tentunya akan saya rujuk ke dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak.

Tindakan pencegahan lainnya?

Jika gigi permanen anak sudah mulai muncul sebaiknya dilakukan perawatan “fissure sealant“. Yaitu penutupan parit-parit kecil yang ada di gigi geraham, perawatan ini merupakan investasi jangka panjang untuk pencegahan gigi berlubang. Lubang gigi biasanya bermula dari parit gigi karena pada bagian tersebut sering tertinggal pada saat gigi disikat. Apabila parit tersebut ditutup, maka makanan tidak mudah tertinggal ditempat tersebut dan gigi menjadi tidak mudah berlubang. Jadi, perawatan fissure sealant ini memang sangat bagus untuk gigi permanen muda, jadi waktu gigi permanen telah tumbuh tapi anak belum bisa rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari (setelah sarapan dan sebelum tidur) perawatan ini akan sangat cocok.

4_Fissure Sealant
Fissure Sealant

Kiri : terlihat parit gigi berwarna kecoklatan karena tumpukan sisa makanan yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi. Kanan: parit gigi sudah ditutup bahan tumpat sehingga makanan tidak akan terjebak di parit gigi yang dalam.

Tanya Jawab Kesehatan Gigi Anak

1. Jika gigi susu sudah ada yang karies, sebaiknya penanganannya gimana ya? Karena saya perhatikan gigi yang sudah karies lebih susah disikat daripada gigi yang masih bagus? Apa di anaknya linunya dok rasanya kalau kita sikat bagian giginya yang karies? Anak saya 2 tahun. -Selma-

Penanganan untuk gigi karies (berlubang) hanya ditambal buibu 😢😢. Sebaiknya segera dibiasakan untuk ke dokter gigi. Biasanya saat kunjungan pertama untuk pasien anak saya sangat jarang langsung memberi tindakan. Saya biasanya mengenalkan diri saya dan alat-alat saya terlebih dahulu, biasanya jika anak sudah nyaman langsung mau perawatan tapi juga ada yang menolak dan berhasil pada kunjungan kedua.  Iya membersihkan gigi karies memang lebih susah, karena idealnya gigi normal itu mempunyai permukaan yang halus sedangkan gigi yg sudah terkena karies pasti permukaannya kasar sehingga susah dibersihkan. Untuk yang ngilu saya jawab setelah ini.

5_Gigi Ngilu
Gigi Ngilu

Kenapa gigi ngilu? Kita perlu lihat struktur gigi sendiri.

Struktur gigi secara garis besar ada 3 bagian yaitu, email yang merupakan lapisan terluar gigi, dentin, dan pulpa yang berisi syaraf dan pembuluh darah.

Kenapa gigi adek yang berlubang jadi tidak mau disikat?

Karena lubangnya pasti sudah merusak lapisan email (lapisan pelindung gigi) sehingga rangsangan dingin pada saat menyikat membuat rasa ngilu.

Penjelasannya itu berlaku di semua gigi ya dok? Kalau gigi yang karies ini di bagian depan, bukan gigi graham, apakah perlu ditambal atau diikhlasin aja sampai tanggal dan terganti dengan gigi permanen?

Kalau gigi depan juga sama buibu, perawatan untuk gigi berlubang adalah ditambal. Semakin kecil lubang semakin baik, karena jika sudah sampai ke syaraf gigi (pulpa, lihat gambar struktur gigi), maka gigi akan menjadi mati dan sering saya temukan pasien anak giginya bengkak karena infeksi pada akar gigi. Kalau sudah seperti ini maka harus minum antibiotik dan melakukan perawatan syaraf gigi baru ditambal, tentunya perawatan akan menjadi lebih lama dan mahal 😭.

2. Di tabel dijelaskan rentang umur kapan gigi bayi muncul, kapan orang tua harus khawatir kalau gigi anaknya gak muncul-muncul? Apa lambatnya muncul gigi ini bisa juga disebabkan karena asupan dari rahim? Aktivitas apa aja yg bisa merangsang munculnya gigi anak? -Maya-

Kapan gigi anak muncul secara garis besar memang seperti yang ada di diagram gigi. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu rangsangan pada saat fase oral, apabila anak mengigit-gigit teether yang keras makan gigi juga akan terangsang untuk keluar. Untuk yang apakah dipengaruhi sejak dalam kandungan kapan tumbuhnya belum ada penelitian khusus yang valid mengenai itu, tapi makanan mempengaruhi struktur pembentukan gigi sejak dalam kandungan? Iya.

Kalau untuk yang perlu khawatir kapan itu ada gak dok? Anak saya 10 bulan tapi belum muncul giginya, di tabel sih gigi pertama 8-12 bulan 😬. Maksudnya struktur pembentukan gigi itu apa ya dok? Contohnya apa? 😬

Iya gak perlu khawatir, rangsang saja dengan teether. Maksudnya pembentukan struktur gigi itu pada saat di dalam kandungan, jika kalsium ibu hamil mencukupi pasti tulang dan gigi sejak dalam kandungan juga sudah baik pembentukannya.

3. Berapa lama waktu yang efektif untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar tapi tidak keras agar memastikan gigi sudah benar-benar bersih? Karena kok rasanya kalau ga keras ga bersih ya? Saya kesulitan sikat gigi anak saya lama. Karena sulit bikin dia diam lama. -Floriana-

Kalau berdasar teori 2 menit buibu tapi ya saya yang dewasa aja 2 menit itu lama banget😂😂😂. Yang penting pada saat menyikat gigi itu semua permukaan gigi tersikat, terutama bagian dekat dengan lidah karena sering terlupakan. Oh ya untuk kekuatan jangan terlalu keras buibu 😂😖 email gigi yang terkikis jika kekuatan saat menyikat gigi terlalu keras, dan kebiasaan buruk ini akan berlanjut sampai dia dewasa 😩 email gigi tidak akan ada repairnya.

Ada tips biar anak mau sikat gigi dengan tenang dan senang kah? Gimana cara perkenalan sikat gigi yang baik untuk anak? Apakah kalau ada tanda-tanda penolakan kita stop coba lagi nanti. Atau tetep lanjut biar anak terbiasa ya?

Tipsnya cuma sabar dan telaten ibu-ibu. Dan ingat ya anak mencontoh orang tuanya, sikat gigi bersama sebelum tidur lebih baik. Pada saat bayi sebaiknya dibiasakan membersihkan mulut gigi dengan kasa agar anak terbiasa mulutnya dalam keadaan bersih dan terbiasa dengan sikat pada saat giginya sudah tumbuh (kan kasanya kita tempel pada jari).

4. Anak saya mulai karies depannya (seperti gambar). Trus pernah saya bawa ke dokter gigi, kebetulan mertua saya ada klinik dr. Umum dan dr. Gigi. Nah, kata dokter giginya dibilang ga perlu tambal, anak usia segini masih ga betah (mau 3 tahun). Soalnya anaknya si dokter gigi juga karies depannya trus ditambal, karena ga betah dimainin pake lidah trus tambalannya copot 😓 Nah, karies yang gimana yang jadi alarm “oh ini pokonya kudu tambal nih” Trus untuk pasta gigi sendiri, katanya fluoride ga aman kalau tertelan ya? Untuk kasus karies udah boleh kah pake fluoride? -Dhita-

WhatsApp Image 2017-11-09 at 20.54.41

Iya memang pada kasus gigi berlubang pada anak itu kadang jadi susah karena kadang anak belum kooperatif di kursi gigi, tapi kalau dibiarkan lubangnya ya akan terus belanjut lubangnya. Sebaiknya tetap diusahakan ditambal mom, nanti tunggu umur 3 tahun insyaAllah udah bisa buibu sambil diedukasi terus ke anak agar anak mau kooperatif ditambal, dan juga sikat giginya lebih rajin lagi ya. Untuk fluor itu memang bisa mencegah gigi berlubang tapi jika sudah berlubang dan belum dihilangkan bakterinya ya proses karies akan tetap berlanjut. Karena biasanya aplikasi fluor itu untuk pencegahan bukan pengobatan. Kalau fluor meracuni tubuh iya jika kadarnya berlebihan, kalau yang dijual dan ada label untuk gigi biasanya dosisnya aman jika tidak sengaja tertelan.

5. Dr. Anin minta tolong dijelaskan bagaimana dampak menghisap jari atau dot terhadap perkembangan gigi anak. Padahal selama ini sudah menjadi kebiasaan. Anak saya 17 bulan, gigi atas baru tumbuh 3, bawah 4. Ini termasuk lambat apa normal ya? Kira-kira asupan dan aktivitas apa ya yang bisa menguatkan dan menstimulus pertumbuhan gigi?
Trimkasih. -Anonim-

Dampaknya tergantung intensitas menghisapnya, bisa parah bisa juga katagori ringan. Sebaiknya dihilangkan karena menghisap jempol merupakan kebiasaan buruk yang akan membuat susunan gigi geliginya tdk baik, jadi gigi depan bisa agak maju.  Pertumbuhannya masih normal kok untuk 17 bulan, untuk merangsangnya ya menggunakan teether (eh kalau 17 bulan masih suka sama teether tidak ya?) bisa juga diganti dengan makanan seperti apel, buncis kukus, wortel kukus jadi peningkatan tekstur saja tidak melulu bubur tapi juga finger food yang bisa digigit-gigit.

6. Dok, saya ingin menanyakan di umur berapa anak mulai dibersihkan karang gigi?

Pembersihan karang gigi bisa dilakukan pada saat gigi sudah tumbuh, akan tetapi anak baru bisa duduk di kursi gigi kira2 umur 2,5 – 3 tahun jadi sebaiknya lihat kondisi anak kita terlebih dahulu sudah bisa belum mendapat perawatan gigi. Karang gigi ini juga penting ya buibu karena kadang sikat gigi juga tidak bisa menjangkau permukaan gigi yang tersembunyi.

Note: Beberapa kata dan ejaan saya sesuaikan dengan penulisan saya.

Leave a comment