Kuliner

Pasar Cisangkuy : 6 Menu dengan 6 Rasa

Jumat, 30 Januari 2015

Kala sore itu, saya dan beberapa teman-teman Satya PKWT Bandung mengadakan acara kumpul bersama. Kami berangkat dari Telkom Japati sehabis mengumpulkan data untuk pembuatan id card pegawai. Jarang-jarang kami bisa berkumpul karena kesibukan masing-masing pekerjaan dan inilah waktu yang tepat untuk berkumpul setelah 19 hari di tanah Pasundan ini. Tempat yang kami tuju adalah Pasar Cisangkuy, Bandung.

Saya bersama beberapa teman saya, yaitu Ica, Kak Fifi, Rizki, Kak Syawal, dan Irul sampai terlebih dahulu di Pasar Cisangkuy. Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, Pasar Cisangkuy merupakan salah satu tempat wisata di Bandung dan terkenal dengan beraneka ragam kulinernya. Kami memesan beberapa menu yang berbeda-beda agar bisa saling mencicipi, antara lain Poffertjest, Kerak Telor, Batagor, Mie Ayam, Tahu Gejrot, dan Takoyaki. Saya akan membahas keenam menu tersebut dalam tulisan ini.

Pasar Cisangkuy

1. Poffertjest

Poffertjest
Poffertjest

Poffertjest merupakan kue tradisional Belanda yang terbuat dari tepung.  Poffertjest berarti pancake mini. Rasanya manis dengan tekstur lembut dan empuk. Penyajiannya ditaburi dengan gula halus, ice cream, saus coklat, atau bahan lainnya sesuai selera.

2. Kerak Telor

Kerak Telor
Kerak Telor

Kerak Telor merupakan makanan khas daerah Jakarta, yaitu Betawi. Kerak Telor terbuat dari beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Rasanya gurih dengan tekstur kering karena digoreng seperti dadar.

 

 

3. Batagor

Batagor
Batagor

Batagor adalah akronim dari Baso Tahu Goreng dan merupakan makanan khas yang berasal dari Bandung. Rasanya gurih dengan bahan dasar yang terbuat dari tahu putih dengan adonan ikan tenggiri, udang dan tapioka. Batagor biasanya disajikan dengan siraman bumbu kacang pedas yang diberi kecap manis dan perasan jeruk nipis.

 

 
4. Mie Ayam

Mie Ayam
Mie Ayam

Mie Ayam merupakan perpaduan masakan Indonesia dengan Cina, yaitu mengadopsi mie yang berasal dari Cina, lalu menambahkannya dengan ayam. Di Cina sendiri justru tidak ditemukan mie ayam. Rasa Mie Ayam sangat gurih dengan siraman air panas dan dibumbui dengan saos sambal dan kecap. Terkadang Mie Ayam juga dihidangkan dengan tambahan baso serta pangsit.

 

 
5. Tahu Gejrot
Tahu Gejrot adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Cirebon. Tahu gejrot berupa tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian disirami dengan kuah yang bumbunya merupakan campuran  gula jawa, bawang merah, bawang putih, dan cabe. Rasanya gurih dan nikmat.

Tahu Gejrot
Tahu Gejrot

6. Takoyaki

Takoyaki
Takoyaki

Takoyaki merupakan makanan asli Jepang yang berasal dari daerah Kansai. Bentuknya bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tepung dengan isinya gurita yang telah dipotong-potong. Takoyaki disajikan dengan taburan katsu busyi, yaitu bahan makanan yang berbentuk serutan kayu dan terbuat dari ikan cakalang (katsuo). Rasanya gurih jika disantap menggunakan saus.

 

 

 

Sehabis melahap menu-menu tersebut, 4 orang teman saya yang lain pun menyusul. Kami pun melanjutkan sore itu dengan bermain sambil bercerita bersama.

Kumpul Bersama Satya Bandung edisi Januari 2015
Kumpul Bersama Satya Bandung edisi Januari 2015

Lokasi Pasar Cisangkuy, Bandung dapat dilihat disini :

Leave a comment